3 Hal Penting Yang Diajarkan oleh Mentor Saya

Tom Searcy adalah salah satu expert di bidang sales yang dihormati di USA, dalam perjalanan hidupnya Ia mengatakan bahwa dirinya begitu beruntung mendapatkan beberapa mentor yang hebat. Mereka pintar, berpengalaman, dan selalu  bisa mengena di hati. Mungkin setiap orang memiliki gaya sendiri yang mereka dapatkan dari mentor terbaik mereka.
Mentor yang hebat tidak akan mengerjakan pekerjaan untuk Anda – tetapi dia akan menolong Anda mengembangkan kesempatan Anda.
Berikut adalah beberapa hal yang diajarkan oleh seorang mentor seperti disampaikan oleh Tom Searcy :
1. Dengarkan sebaik – baiknya
Mentor yang terbaik menanyakan banyak pertanyaan. Mereka mendapatkan informasi sebanyak – banyaknya sebelum memberikan rekomendasi. Saya ingat percakapan saya dengan salah satu mentor terbaik saya selama dia dihujani dengan banyak pertanyaan. Pada akhir dari percakapan itu, saya bertanya padanya, “Baiklah apa yang harus saya lakukan?” Jawaban dia sangat menjawab: “Anda baru saja menemukan apa yang harus Anda temukan; Anda hanya belum berkomitmen untuk melakukannya.”
Dia benar, pertanyaannya telah menjernihkan pikiran saya, dan dia telah memimpin saya dengan beberapa pilihan tindakan yang sebenarnya dari diri saya sendiri. Selain jawaban, dia juga memberikan jalan.
2. Arahan, bukan tindakan
Mentor saya akan merekomendasikan saya untuk menghubungi seseorang, membaca buku, mendatangi pameran atau banyak tindakan lainnya – tetapi mereka tidak akan membantu saya menelepon, membeli buku untuk saya, membawa saya ke pameran atau mendikte tindakan saya. Semua tergantung pada saya.
Dari waktu ke waktu saya diminta untuk menjadi mentor orang lain. Hal pertama yang saya lakukan adalah memberikan mereka tugas. Tugasnya simpel : tulis sebuah halaman mengenai apa yang kalian ingin dapatkan, bagaimana mengukur sukses dan mengapa Anda memilih itu dibanding yang lain. Jika mereka langsung menjawab, saya memotong mereka dan berkata “Tulis itu pada kertas dan email seminggu dari sekarang sebelum  jam 5 sore.”
Hal yang paling menarik: sangat- sangat jarang sekali ada yang mengumpulkan tugas tersebut. Mengapa? Mereka berpikir bahwa “mendapatkan mentor” adalah cara mudah untuk mendapatkan senior bekerja untuk mereka.
3. Fokus pada tindakan
Mengambil tindakan menjadi hal yang paling penting yang diajarkan mentor kepada saya. Setiap waktu kita berbicara mengenai ide atau sebuah rencana, mentor saya ingin tahu tindakan nyata yang akan dilakukan dan bagaimana caranya. Siapa yang punya waktu untuk mendidik orang yang tidak melakukan apapun terhadap minat mereka?
Saya tahu sukses yang telah saya dapatkan bagian terbesar adalah karena mentor saya; saya sekarang juga dipercaya menjadi mentor orang lain. Menjadi mentor merupakan sebuah kebanggaan, akan sangat membantu jika Anda  mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai peran dari ke-dua pihak dalam mentorship.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *