8 Tips Praktis Mengelola Karyawan

Dalam mengelola sebuah bisnis pasti tidak terlepas dari pengelolaan karyawan. Pengelolaan karyawan seringkali menjadi faktor vital untuk berkembang atau tidaknya sebuah bisnis, juga perekrutan dan penempatan karyawan di posisi yang tepat.  Berikut tips – tips untuk mengelola karyawan dalam perusahaan :
1. Menjadi pendengar yang baik
Teknik mendengar dengan penuh perhatian dapat memberikan karyawan tahu bahwa kita memberikan perhatian penuh kepadanya. Menjadi pendengar yang baik yaitu dengan memandang lawan bicara, mempertahankan kontak mata, tetap pada posisi badan terbuka, menganggukkan kepala, dan fokus pada topik. Dengan tindakan – tindakan seperti itu maka lawan bicara akan merasa dihargai dan diperhatikan.
2. Berikan pertanyaan yang menjelaskan
Jika seorang karyawan datang dengan sebuah masalah. Kita perlu bertanya dengan beberapa pertanyaan yang dapat membantu mereka untuk mengungkapkan sumber dari masalah tersebut . Pertanyaan seperti apa, kenapa, mengapa, dan bagaimana dapat mengungkapkan masalah secara lebih lengkap. Sebagai contoh Apa yang menjadi masalah pada kertas kerja mu?
3. Penyampaian dengan penekanan emosi
Setiap pesan yang disampaikan terdapat beberapa bagian yang melibatkan emosi seperti suara, nada, dan sisanya dapat diekspresikan dengan ekspresi muka dan bahasa tubuh. Penyampaian dengan penekanan emosi dapat memberikan penjelasan yang lebih lanjut untuk lawan bicara kita.
4. Sadari bahasa tubuh
Bahasa tubuh kadang dapat menyalah artikan maksud dari sebuah pesan yang sebenarnya. Jadi berhati – hatilah dalam penggunaan bahasa tubuh yang terus berubah dalam setiap pembicaraan mulai dari nada hingga ekspresi. Tetapi terkadang jangan terlalu mempermasalahkan bahasa tubuh juga sebagai contoh orang yang menyilangkan tangannya pada dada bukan berarti dia sedang marah tetapi mungkin sedang kedinginan.
5. Berikan feedback secepat mungkin
Feedback positif harus dijadikan sebuah kebiasaan dibandingkan hanya sebagai karakteristik pribadi orang tertentu khususnya ketika kita ingin mengungkapkan sebuah kritikan kepada orang lain. Ketika memberikan feedback, berikan secepat mungkin setelah suatu peristiwa, berikan pujian di depan umum dan kritikan secara pribadi.
6. Motivasi karyawan yang cemerlang
Karyawan terbaik mungkin akan meninggalkan perusahaan kita jika mereka tidak merasa terjamin dan tertantang. Jika kita ingin memberikan dorongan kepada karyawan yang cemerlang yaitu dengan kita harus mencegah mengelola  mereka seperti orang biasa, dengarkan ide mereka sesering mungkin, tawarkan hadiah ekstra atas performa cemerlang mereka, dan berikan pujian kepada mereka ketika mereka mencapai puncak performa.  Bahkan kita juga dapat meluangkan waktu untuk memberikan jalan mereka mengembangkan diri.
7. Rencanakan evaluasi yang baik
Evaluasi karyawan secara tetap dapat memberikan kesempatan kepada karyawan untuk memberikan masukan terhadap pekerjaan mereka agar mereka dapat memberikan performa yang cemerlang. Pastikan semua karyawan mendapatkan evaluasi. Selain itu hubungkan mereka dengan program bonus, sehingga karyawan akan menanggapinya dengan serius, dan beritahukan bonus yang akan mereka dapatkan terlebih dahulu setelah itu baru diikuti dengan bagian yang harus dipenuhi dan cara tindakan untuk mencapai pencapaian tersebut.
8. Membuat rencana pengelolaan karyawan
Rencana pengelolaan karyawan akan memberikan garis besar tujuan pengelolaan organisasi, dan pencapaian yang ingin dicapai pada jangka waktu tertentu. Rencana tersebut juga akan membantu kita dalam menjelaskan dan memfokuskan usaha kita, menjadi dasar diskusi, dan dapat menjadi evaluasi penilaian performa yang terukur.
1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *